MATEMATIKA
“Bangun Ruang Tabung”
Disusun oleh: Arini
Nurul Hidayati (210613068)
Kelas PG.B
Dosen
Pengampu:
Kurnia Hidayati, M.Pd
Prodi Pendidikan Guru
MI (PGMI)
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo
(STAIN Ponorogo)
Tahun 2014/2015
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
Bagi siswa Sekolah Dasar, pengenalan bangun tabung hanya berupa
identifikasi bentuk bangun beserta analisis ciri-cirinya. Meskipun demikian,
selama ini pengajaran bangun tabung khususnya, dan berbagai bangun ruang lain
pada umumnya, sering kali tidak membuat siswa benar-benar paham. Hal ini
dikarenakan siswa tidak = dalam mencerna dan mengetahui bagaimana bangun tabung
itu dan unsur-unsur apa yang ada dalamnya.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa
pengertian tabung?
2.
Apa
jaring-jaring tabung?
3.
Apa
sifat-sifat tabung?
4.
Apa
volume dan luas permukaan tabung?
5.
Bagaimana
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
PENGERTIAN TABUNG
Pada gambar ditas menunujukan gambar sebuah tabung. Jika gambar a
dibuka maka diperoleh gambar b. Dari gambar b diperoleh 2 buah lingkaran yang
sama dalam bentuk dan ukurannya serta sebuah selimut tabung.
Jadi
unsur-unsur dari sebuah
tabung masing-masing terdiri dari 2 lingkaran yang sama dengan selimut tabung.
Definisi: tabung merupakan bangun ruang yag dibatasi oleh dua lingkaran
sejajar yang sama (bentuk dan ukurannya sama) dan sebuah selimut tabung. [1]
2.
JARING-JARING TABUNG
a.
Selimut tabung yang berupa persegi
panjang dengan panjang = keliling alas tabung = 2πr dan lebar = tinggi tabung =
t:
b.
Dua buah lingkaran berjari-jari
r.[2]
3.
SIFAT-SIFAT TABUNG
a.
Bidang
alas dan bidang atas berupa lingkaran dan jari-jari yang sama
4.
LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME TABUNG
LUAS
PERMUKAAN TABUNG
Dari sebuah tabung, jika dibelah diperoleh 2 lingkaran dan sebuah
selimut tabung seperti gambar di atas.
Luas
dari sebuah lingkaran. Karena unsur tabung memiliki 2 buah lingkaran
maka diperoleh:
5.
PENERAPAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Didalam kehidupan sehari-hari
banyak dijumpai benda yang berbentuk tabung. Bahkan benda-benda tersebut sering
kita gunakan baik sebagai peralatan maupun sebagai mainan. Misalnya : gelas,
kaleng susu, drum, botol, seruling, pipa paralon, tabung gas, dan sebagainya.
\
\
BAB
III
PENUTUP
Tabung merupakan bangun ruang yag dibatasi oleh dua lingkaran sejajar
yang sama (bentuk dan ukurannya sama) dan sebuah selimut tabung.
Jaring-jaring
tabung terdiri dari Selimut tabung
yang berupa persegi panjang dengan panjang = keliling alas tabung = 2πr dan lebar
= tinggi tabung = t, Dua buah lingkaran
berjari-jari r.
Sifat sifat tabung terdiri dari Bidang alas dan bidang atas berupa lingkaran dan jari-jari yang
sama, inggi tabung jarak antara titik pusat lingkaran alas dan titik pusat lingkaran
atas.
Didalam
kehidupan sehari-hari banyak dijumpai benda yang berbentuk tabung.
Bahkan benda-benda tersebut sering kita gunakan baik sebagai peralatan maupun
sebagai mainan. Misalnya : gelas, kaleng susu, drum, botol, seruling, pipa
paralon, tabung gas, dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
Heruman. 2007. ModelvPembelajaran
Matematika. Bandung: PT Rosdakarya
Lapis PGMI
Mulyana.Tips dan Trik Berhitung Cepat.Surabaya: PT Agung
Media Mulya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar